Arsitektur komputer
adalah konsep perencanaan dan struktur pengoprasian dasar dari suatu sistem
komputer (Wikipedia,
2012), dalam computer science,
istilah arsitektur komputer merujuk pada spesifikasi hubungan antara berbagai
perangkat keras yang berbeda pada sistem komputer.
Sepanjang tahun
1980 hingga awal 1990, perkembangan arsitektur komputer didorong untuk
membangun komputer dengan evaluasi kinerja kuantitatif yang baik, hal ini
kemudian ikut mempengaruhi desain perangkat keras yang akan menjalankannya (Kaxiras
dan Martonosi, 2008).
Arsitektur komputer
intinya, mengkaji desain susunan hardware dan software pada komputer yang dapat
menjalankan program yang canggih. Gambar dibawah adalah abtraksi dari sebuah
arsitektur komputer dan hubungannya dengan bagian perangkat keras, firmware,
assembler, kernel, dan perangkat lunak aplikasinya.
............uuumm...
yah,,, kira-kira begitu XD Maaf ya, tapi program studi utama saya bukan tentang
komputer & sistemnya, saat membaca penjelasannya membuat saya sedikit sakit
kepala, jadi saya mohon sekali untuk penjelasan lebih dalam, jangan tanya saya,
saya sudah cantumkan link blog atau halaman internet lain yang lebih keren,
tinggal klik~
Pasti setelah
membaca kalimat diatas, Anda akan meragukan isi blog ini~ Hwahahahah~ Tenang,
saya akan mulai membahas hal yang memang sedang saya pelajari, yaitu kognisi
manusia :D
Kata cognitive pertama kali digunakan oleh Ulric
Neisser dalam bukunya Cognitive
Psychology pada tahun 1967.
Menurut Neisser kognisi
merujuk pada "semua
proses dimana sensori input diubah, dikurangi, diperjelas, disimpan,
dikembalikan, dan digunakan, juga termasuk proses-proses yang terjadi bahkan
saat stimulasi yang relevan tidak ditemukan, seperti halusinasi." Menurut definisi ini, jelas bahwa
kognisi aktif pada setiap kegiatan yang mungkin manusia lakukan, bahwa setiap
fenomena psikologis adalah fenomena kognitif.
Berikut adalah fungsi-fungsi yang dijalankan kognisi manusia.
Berikut adalah fungsi-fungsi yang dijalankan kognisi manusia.
Atensi dan kesadaran
Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari pengindraan, ingatan, da proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention) dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mugkin merupakan fokus dari atensi.
Persepsi
Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur, dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi, rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognitif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.
Ingatan
Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari dari mengingat alah menyimpan suatu informasi, mempertahankan, dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua, yaitu ingatan implisit dan ingatan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan pengindraan ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.
Bahasa
Bahasa adalah pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan utnuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir mengenai hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui pengindraan.
Pemecahan Masalah dan Kreativitas
Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.
Kognisi manusia
sangat penting untuk menentukan keputusan yang tepat guna dan komputer
diharapkan untuk dapat meniru proses berpikir manusia dalam pengambilan
keputusan yang logis. Dalam bukunya, Naisser juga menyajikan penjelasan
bahwa proses mental manusia adalah sesuatu yang dinamis, sistem pemrosesan informasi
yang operasi mentalnya dapat disusun dalam istilah komputasi. Software yang
dikembangkan hingga saat ini merupakan usaha replika tadi, sehingga pemahaman
mengenai kognisi sangat perlu didalami.
Sumber Referensi
1.Kaxiras, S., Martonosi, M. (2008). Computer Architecture: Techniques For Power Efficiency. Madison: University of Wisconsin.
2. Santoso, H. (2003). Pemrograman Client Server.
Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
3. Sternberg, R.J. (2006). Cognitive Psychology. Belmont: Thomson Wadsworth.
4. Goshwami, Usha. (1998). Cognition in Children. East Sussex: Psychology
Press Ltd.
5. Flores, Carlos F. (1990). Understanding Computer and Cognition. New Jersey: Ablex Publising Corporation.
6. Fetzer, J. H. (2001). Computer and Cognition: Why Minds Are Not Machines. Amerika Serkat: Kluwer Academic Publisher.
sumber nomer
BalasHapus14. http://akisay.blogspot.com/2012/10/apa-itu-arsitektur-komputer-apa-itu.html
^o^
O.O
BalasHapusMu-mungkin kapan-kapan
XD